Minggu, 14 Oktober 2012 | By: winda maharani

Rasionalisasi

Kita seringkali merasionalisasi hal-hal yang terjadi dalam hidup kita, tentunya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Individu memberikan makna pada suatu fenomena yang sudah terjadi dengan merasionalisasikannya dengan maksud dan tujuan tertentu. Tujuan ini sangat bermacam-macam dan bervariasi antar individu dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti lingkungan, kepribadian, values, dan lain sebagainya. Beberapa tujuan rasionalisasi yang paling umum adalah untuk menenangkan hati dan juga untuk membenarkan tindakan diri.

Hal-hal yang bisa dirasionalisasi adalah hal-hal yang sudah terjadi dalam hidup kita. Sedangkan hal-hal yang belum terjadi dalam hidup kita, tidak bisa kita rasionalisasi. Hal tersebut bisa merupakan hal-hal yang berada dalam diri kita atau pengalaman kita dan juga hal-hal yang berada di luar diri dan kehidupan kita. Objek dari rasionalisasi biasanya berupa hal-hal yang sulit untuk dijelaskan atau terletak pada gray area. Disinilah individu banyak menggunakan rasionalisasi untuk mencoba menjelaskan hal tersebut. Dan menurut gue, rasionalisasi bisa terjadi secara sadar ato ngga sadar.

Eh tapi kemudian, semua ini cuma kesotoyan gue aja sih.. sebuah pemikiran yang kebenarannya masih sangat diragukan.. huahahahha.. *LOL*



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 comments: