Selasa, 23 Oktober 2012 | By: Unknown

What am i doing here?

Pertanyaan itu terus terngiang-ngiang di kepala gue belakangan ini. jujur ajah, sebelom UTS ini gue ngerasa lagi down banget dan lagi lumayan tertekan dengan berbagai tugas kuliah ini. gue sangat-sangat merasakan yang namanya perbedaan antara kuliah s1 dan s2. dari temen-temennya beda, tingkat intelektualnya beda, determinationnya beda, atmosfirnya beda, tuntutannya beda, cara belajarnya beda. itu semua membuat disonansi dalam hidup gue, ga cuma kognitif tapi hampir semua aspek.

Di satu pihak, gue ga mau ngecewain bokap gue dan keluarga gue yang udah susah payah cariin biaya biar gue bisa kuliah lagi. gue udah dengan egoisnya brenti kerja dan pengen kuliah lagi. tentu gue juga ada dorongan dong untuk membuktikan gue bisa dan membuat bokap gue bangga. itu salah satu motivasi besar gue dan juga tekanan buat gue di sisi lain. bokap emang ga pernah explicitly said that he wants me to have a great grade or anything. dia cuma pengen anaknya sekolah yang baik, that's it. tapi ya ga mungkin kan gue kuliah asal-asalan juga. dipikir kuliah s2 itu murah apah?!?

tuntutan dan tingkat intelektual yang beda banget di kelas s2 gue ini. belakangan ini gue selalu ngerasa minder dengan temen2 angkatan gue dan gue merasa paling bodoh. gue adalah anak yang sebenernya ga peduli dengan hal-hal macem ini, tapi karena gue memutuskan untuk belajar bener-bener, gue jadi ngerasa kalo ini penting.

ada beberapa momen yang sebenernya makin menciutkan hati gue dan membuat gue agak pesimis belakangan ini. misalnya aja, gue udh belajar materi neuro (which is makul fav gue selama s2 ini) dari lama dan temen gue jelas2 belom belajar. selama diterangin di kelas, gue suka mengkonfirmasi yg gue tangkep dengan menanyakannya kembali ama si temen gue ini. dan dia dengan lancarnya menjelaskan aja gitu loh ke gue. dalam state dimana gue udah belajar dan dia belom, tapi dia lebih ngerti dibanding gue, maann.. siapa yang ga jiper.

kemudian orang-orang bilang, ya kan lo kuliah s2 ga cuma ngejer grade tp pemahaman. ok, i'm totally agree with that. tapi bagi gue pribadi, ya salah satu indikator gue paham ya gue ngerti dan dapet grade bagus. gimana bisa dapet grade bagus kalo lo ga ngerti yang lo pelajarin?!? i just felt a little pessimist these past days..

tuntutan akademik yang beda, temen-temen yang kritis, temen-temen yang intigensinya tinggi emang harusnya justru memacu gue untuk beerusaha lebih keras. iya gue tau, tapi ga semudah itu juga kan pelaksanaannya. pasti ada dong hari-hari dimana lo ngerasa down banget dan kembali bertanya ama diri lo sendiri, "heck, what am i doing here?!?"

semangat menurun, motivasi menurun, kondisi fisik lumayan drop, social support? not really.. udah mau ujian lagih.. arrrggghhhh, kemana sikap optimis gue di saat gue membutuhkannya?!? really, what the heck am i doing here?!?

*down, pessimist, unmotivated*

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 comments: