Kamis, 07 Oktober 2010 | By: winda maharani

how u presents urself on public, depends on u..

lagi-lagi terinspirasi dari salah satu tugas kuliah gue semester ini, yaitu penelitian kualitatif.. kelompok gue mengambil tema penelitian mengenai remaja dan media.. dan ide ini muncul dan datang begitu saja, hehehe..

gue tertarik dengan bagaimana seseorang menampilkan dirinya dalam masyarakat.. yah bisa dibilang menumbuhkan image dalam masayarakat deh.. sampe ada ungkapan 'jaim' alias jaga image.. emangnya si image ini penting banget ya ampe harus dijaga?

well, actually it's true! ternyata eh ternyata orang cenderung memperhatikan bagaimana image dia dalam masyarakat.. soalnya image ini dapat mempengaruhi rasa percaya diri si orang tersebut.. kalo image yang dimiliki ternyata disambut baik oleh masyarakat, siapa yang gak seneng en tambah PD sih?

nah hal ini balik lagi sama sifat dasar manusia yang belum berhenti kalo belom puas.. dan biasanya, kalo orang mendapatkan hasil yang positif, maka dia akan cenderung mengulangi perilaku yang sama.. tentunya dengan harapan biar mendapat hasil yang sama pula.. hal-hal seperti inilah yang menjadi cikal bakal tumbuhnya perilaku self-presentation pada seseorang.. 

apaan sih self-presentation itu? liat aja dari asal katanya.. self = diri sendiri, presentation = menampilkan.. so secara semantik, self-presentation itu bisa diartikan secara kasar sebagai bagaimana cara seseorang menampilkan diri sendiri.. kalo secara teoritik sih, 
self presentation adalah upaya individu untuk mengontrol kesan yang akan ditampilkan. Tujuan mendasar dari self presentation adalah untuk membentuk interaksi sehingga mendapatkan hasil yang diinginkan (Taylor, Peplau, & Sears, 2000).
yah intinya sih, seseorang secara sadar emang membentuk citra ato image dirinya di dalam masyarakat.. bagaimana pandangan orang lain terhadap seseorang, ternyata bisa dibuat dan dikondisikan.. di satu pihak hal ini merupakan hal yang baik.. pastinya karena seseorang bisa membuat orang berpendapat sesuai dengan apa yang ia mau.. tapi sisi lainnya adalah ada kemungkinan orang untuk tidak menampilkan 'real self' dari dirinya.. ada kemungkinan orang untuk berpura-pura menjadi orang lain yang ternyata bukanlah kepribadiannya..

insight tema ini dalam kehidupan sehari-hari adalah seseorang bisa mengontrol pandangan orang lain mengenai dirinya.. tapi jangan sampai terlalu terbawa dan terhanyut dalam ilusi diri yang gak menggambarkan diri sendiri apa adanya.. semoga gue bisa melakukan ini, amiinnn...



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 comments: